Dugaan Saya, Keajaiban di Messiah (2020) adalah Trik Hasil Kerjasama para Ilmuwan

5
101
Messiah,
Gambar: Netflix (Youtube)
  • Peringatan. Tulisan ini mengandung spoiler. Tidak disarankan untuk anda yang belum menonton filmnya.

Messiah adalah seri televisi dari Amerika Serikat garapan Michael Petroni. Musim pertama terdiri dari sepuluh episode, dan telah tayang di Netflix sejak 1 Januari 2020.

Saya adalah golongan penonton Messiah yang yakin kalau semua keajaiban Al-Masih ala Payam adalah tipu daya belaka. Diatur sedemikian rupa agar triknya terlihat nyata.

Sewaktu Al-Masih alias Payam Golshiri kecelakaan pesawat di akhir episode, dia selamat dan menyelamatkan penumpang lain. Apakah itu sebuah keajaiban, atau trik sulap? Mungkin tujuannya untuk menciptakan saksi yang akan menyebarkan narasi rekaannya di kemudian hari. Atau ini cuma strategi marketing agar ceritanya bisa lanjut musim kedua?

Payam tidak pernah bergerak sendiri. Sewaktu menghilang tiba-tiba dari sel tahanan di Israel, dia tidak kabur. Pengawas yang percaya Payam adalah Al-Masih membebaskannya dan menghapus rekaman CCTV. Aviram, mata-mata pemerintah jadi kambing hitam karena pernah melakukan hal serupa untuk kepentingan interogasi.

Rekaman amatir tentang peristiwa penembakan, badai tornado, keajaiban di atas air. Semua disiarkan oleh media. Pelan-pelan, keyakinan publik pada Messiah mulai tumbuh dari sana.

Payam muncul pertama kali di Kota Damaskus, Suriah. Ketika ISIS sedang menggempur kota dan situasi mencekam. Badai pasir menerjang dan ISIS mundur dari pertempuran. Payam menghadang badai dan tak lecet sedikitpun. Sejak awal, Payam mungkin bekerjasama dengan sebuah jaringan ilmuwan lintas disiplin dan telah memprediksi fenomena alam. Persiapan dan pengetahuan cukup menyelamatkannya.

Baca juga: Sex Education (2019): Ketika Remaja Jadi Terapis Seks Bagi Sebayanya

Begitupun kemunculannya saat Tornado menerjang Texas. Semua telah direncanakan. Karena itu dia buru-buru meninggalkan Israel. Padahal sebelumnya kelihatan kalem-kalem saja di sel tahanan. Mendatangi titik krisis, lalu muncul sebagai pahlawan. Itu rencananya.

Manusia memang sangat rentan dengan pengaruh apapun saat berada di titik krisis. Begitulah cara Payam memanipulasi seorang jaksa yang konservatif saat dirinya tertangkap. Dia tahu jaksa ini sedang sekarat. Dan orang-orang yang dekat dengan kematian biasanya memikirkan Tuhan. Itu pintu masuknya.

Sejak kecil belajar sulap, bikin Payam ngerti soal keajaiban sains dan celah psikologis manusia. Sains digunakan untuk menciptakan keajaiban. Pengetahuan celah psikologis untuk menciptakan ilusi.

Karena itu titik awal kemunculannya adalah kawasan mediterania. Di sana adalah tempat lahir agama-agama besar yang percaya kedatangan juru selamat di hari penghakiman.

Semuanya adalah rencana yang tertata dengan perhitungan rigid. Itulah gunanya jejaring ilmuwan yang menyokong si Messiah. Merencenakan tindakan, memperkirakan akibat, mengatur langkah jika rencana keluar jalu. Jika benar benar begitu, para ilmuwan yang membantu Payam sudah pasti elit di bidang masing-masing. Mereka punya visi besar dan memahami resikonya.

Butuh banyak manusia untuk mewujudkan visi itu. Dan Payam adalah etalase untuk menggalang dukungan dan sumber daya. Semua soal menciptakan keyakinan. Itu kan yang menggerakkan orang-orang untuk berperang sepanjang sejarah peradaban? Keyakinan.

Tonton trailernya sekarang.

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here