Memorist (2020): Trauma 2 Penyidik yang Memburu Penjahat Sakti

1
89
Memorist,
Gambar: Viu Indonesia (Youtube)
  • Peringatan. Tulisan ini mengandung spoiler. Tidak disarankan untuk anda yang belum menonton filmnya.

Memorist adalah drama Korea bergenre thriller, misteri, dan fantasi produksi saluran TVN yang tayang Maret lalu. Drama Memorist dibuat berdasarkan seri webtoon di Daum. Dibintangi oleh Yoo Seung Ho dan Lee So Young. Di Indonesia, serial ini tayang secara resmi di layanan streaming Vidio dan Viu.

Plot

Dong Baek (Yoo Seung Ho) memiliki kekuatan psikometri (dapat membaca ingatan orang lain hanya dengan menyentuhnya). Dengan kekuatannya, ia bercita-cita jadi detektif di kepolisian. Sejak SMA ia menghindari keramaian agar tidak menyentuh orang lain. Hal itu bisa memicu kekuatannya. Sementara ingatan yang paling banyak muncul adalah kenangan buruk bahkan pembunuhan. Dong Baek adalah karakter yang bersemangat dan tak kenal takut.

Tak seperti drama fantasi lain dimana tokoh utama menyembunyikan kemampuannya, Dong Baek dipublikasikan sebagai citra kepolisian sekaligus aset negara yang mesti dilindungi. Namun, di lingkungan kepolisian ia terkenal arogan, tidak punya etika dalam penyidikan, dan sulit mengontrol emosi.

Hal ini bikin anggota kepolisian lain membencinya. Sedangkan masyarakat tetap mencintainya. Meski bisa mengakses ingatan orang lain, dia tidak punya kenangan tentang masa kecilnya.

Han Su Mi (Lee So Young) adalah profiler kriminal dan kepala tim khusus kepolisian Korea Selatan. Ketegasan dan kecerdasannya memecahkan kasus membuatnya sangat dihormati. Ia bertekad untuk menangkap pembunuh ayahnya.

Baca juga: Tell Me What You Saw (2020): Kembalinya Seorang Psikopat

Awalnya Dong Baek dan Han Su Mi adalah rival dalam berbagai kasus. Mereka akhirnya bekerjasama untuk memecahkan sebuah kasus pembunuhan berantai yang menyingkap masa lalu mereka. Pelaku yang diburu juga memiliki kemampuan supranatural. Untuk melancarkan aksinya, dia menghapus ingatan para saksi dengan sentuhan fisik, hal ini membuatnya tak terlacak.

Ada banyak adegan dalam Memorist, dimana pelaku nyaris tertangkap. Tapi, teka-teka pembunuhan berantai menjadi rumit akibat trauma psikologis para tokoh utama. Dong Baek memiliki pengalaman buruk masa kecil yang masih menjadi misteri hingga akhir episode sedangkan Han Su Mi adalah saksi mata pembunuhan ayahnya.

Sekuensi drama ini sangat rapi. Informasi muncul keping demi keping tiap episode dan bikin kita larut dalam ceritanya. Konfliknya menarik, penyidik dengan trauma psikologis yang memburu penjahat sakti penuh ide licik.
Pelaku menjadikan trauma lawannya sebagai senjata dan seringkali berhasil. Butuh waktu lama bagi tokoh utama untuk menyadari kemampuan supranatural pelaku.

Akhir episode mengungkap resiko dari kemampuan Dong Baek. Kekuatan ini bisa menghabisi penggunanya. Dokter telah memberi peringatan. Tapi, Dong Baek bergeming, dan ngotot tetap menggunakan kemampuannya untuk memburu si pelaku.

Tonton trailernya sekarang.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here