Koe No Katachi (2016): Sebuah Usaha Membicarakan Disabilitas, Perundungan, dan Penebusan Dosa

3
128
Koe No Katachi,
Gambar: Madman Anime (Youtube)

Koe no katachi adalah adaptasi dari manga karya Yoshitoki Ōima dengan judul sama. Diproduksi oleh Kyoto animation. Studio yang rajin memproduksi anime dengan tema sekolah dan persahabatan. 

K-ON, Tamako Market, dan Chuunibyo demo koi ga shitai adalah hasil garapan studio ini. Meski Kyoto animation konsisten dengan gaya gambar dalam setiap anime garapannya. Gaya gambar dalam Koe no katachi berusaha tetap mengikuti format manganya. 

Karena adaptasi manga, durasi Koe no katachi ini bisa dibilang cukup panjang (130 menit) untuk ukuran anime bioskop. Hal ini jadi tantangan saat menontonnya. Apalagi, alurnya lambat dan bikin ngantuk. Siapapun bisa ketiduran sebelum cerita mencapai klimaks. Untungnya, ada beberapa hal menarik yang sayang jika dilewatkan dari pengalaman menonton anime ini.

Plot

Koe no Katachi bercerita tentang Nishimiya Shouko. Murid baru di sebuah SD. Dia adalah Tuna Rungu. Hal itu membuat beberapa teman kelas merundungnya. Salah satunya adalah Ishida, protagonis dalam cerita. 

Ishida kerap merundung Shouko di hadapan teman-temannya. Suatu hari tindakan Ishida melewati batas. Ibu Shouko memutuskan untuk memindahkan anaknya ke sekolah lain. 

Setelah Shouko pindah, keadaan jadi berbalik. Semua anak dalam kelas sepakat kalau Ishida keterlaluan. Lalu ramai-ramai merundung Ishida. Karena terus dirundung dari SD hingga SMA, Ishida tumbuh sebagai remaja yang menghindari pergaulan.

***

Koe no katachi bicara tentang isu  arus pinggir, disabilitas. Kita diajak untuk melihat kenyataan sulit yang dihadapi siswa disabilitas pada masa sekolah. Sejak awal cerita, Shouko digambarkan sering diganggu teman-temannya, entah itu lelaki maupun perempuan. 

Satu-satunya teman yang dimiliki Shouku, bahkan lebih memilih pindah sekolah. Alih-alih melaporkan perundungan yang dialami temannya.

Disabilitas Shouko, tuna rungu, adalah isu sentral dalam anime ini. Bisa jadi itulah alasannya anime ini diberi judul Koe no Katachi (the shape of voice) atau secara literal wujud suara. Kenapa wujud suara? 

Baca juga: Live Action One Piece akan Tayang di Netflix 12 Juni

Pertanyaan ini terjawab di babak dua cerita. Ishida mampu menggunakan bahasa isyarat setelah jadi siswa SMA. Motivasinya tidak dijelaskan, karena ada lubang plot yang besar dalam cerita. Kemungkinan paling dekat, adalah dorongan rasa bersalahnya pada Shouko, 

Atau, itu transformasi karakter yang memang dibutuhkan untuk menghidupkan cerita. Mengingat kalau di sepanjang tayangan, komunikasi dua tokoh utama-Ishida dan Shouko dilakukan dengan bahasa isyarat. Sesuai judul ceritanya, wujud suara disajikan ke penonton lewat interaksi mereka.

Shouko bukan satu-satunya yang merasakan penyingkiran. Ishida mengalami hal yang sama hingga remaja. Seperti Shouko, Ishida mulai kesulitan mendengarkan suara di sekitarnya. Ishida tidak terkena karma atau semacamnya.

Pendengarannya rusak karena berhenti digunakan. Ishida melakukannya untuk bertahan menghadapi perundungan  selama SD dan SMP. Kyoto Animation mengilustrasikan hal ini dengan cukup menarik, dengan menaruh simbol “X” pada wajah karakter lain di sekitar Ishida.

***

Koe no katachi bertutur tentang perjalanan Ishida mencari penebusan dosa dan pemaafan atas masa lalunya.  Di saat bersamaan, juga tentang Shouko yang berjuang untuk berdamai dengan diri sendiri. 

Saat cerita memasuki krisis, kita mengetahui alasan adik Shouko terus memotret hewan-hewan  mati. Itu adalah pengingat untuk Shouko. Agar dia melupakan keinginan bunuh dirinya. Pada titik ini, kita melihat satu lagi kesamaan antara Shouko dan Ishida.

Animasi ini menarik, musiknya menyentuh, dan setiap karakter punya motif yang kuat. Hal terbaiknya, anime ini bicara tentang persoalan remaja dengan cara yang mudah diterima. Pilihan isunya juga sangat relevan. B

Kita belum menghitung interaksi antar Shouko dan Ishida berikut kisah cinta (persahabatan mereka) yang bikin greget sebagai bonus. Anime ini harus masuk daftar tontonanmu, minimal sekali untuk seumur hidup.

Tonton trailernya sekarang.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here