Banana Fish (2018) Mengajarkan, Kalau Cinta Bisa Hadir dalam Berbagai Bentuk dan Suasana

2
691
Banana Fish,
Gambar: Fuji TV Official
  • Peringatan. Tulisan ini mengandung spoiler. Tidak disarankan untuk anda yang belum menonton filmnya.

Banana fish adalah manga yang sebenarnya menyasar demografi perempuan muda (manga shoujo). Kreasi Akimi Yoshida sensei untuk magazine Bessatsu Shōjo Comic pada tahun 1985 sampai 1994 yang kemudian diadaptasi menjadi anime 24 episode oleh Studio MAPPA pada tahun 2018. 

Berbeda dengan shoujo lain yang ceritanya berkutat pada tema cinta, sekolah, dan kehidupan sehari-sehari. Banana Fish mengambil jalur yang radikal dengan tema dewasa. Pembunuhan, politik, mafia, pelecehan seksual, hingga prostitusi. 

Nama Banana Fish diambil dari judul cerpen J.D Salinger, A perfect day for Banana Fish. Ada beberapa easter egg yang menampilkan buku-buku karangan penulis Amerika seperti Ernest Hemmingway. Episode terakhir bahkan menggunakan judul dari magnum opus J.D Salinger, The Catcher in the rye.

Plot

Cerita Banana Fish berpusat pada hubungan Ash lynx dan Eiji Okumura. Ash adalah gangster di Manhattan-Amerika, usianya 17 tahun. Sementara Eiji adalah asisten fotografer asal Jepang berusia 19 tahun yang ingin meliput cerita Ash sebagai ketua geng. 

Ash sedang menyusuri lorong-lorong New York di malam hari ketika mendapati seorang pria yang sekarat. Pria itu memberinya zat kimia misterius yang disebut Banana Fish. Griffin Callenreese, kakaknya, pernah menyebut zat yang sama dalam kondisi semi-vegetatif.

Mendengar nama Banana Fish, membawa Ash ke dalam perasaan nostalgia yang tidak biasa. Dia menyimpan zat kimia itu. Untuk menemukan kebenaran dan hubungannya dengan kondisi Griffin.

Dino Golzine, bos mafia sekaligus mantan majikan Ash juga mengejar Banana Fish. Hal ini menempatkan mereka di jalur yang berseberangan. Konflik tidak bisa dihindari lagi. Ash sendiri punya dendam pada Golzine. Sewaktu masih kanak-kanak, dia adalah gundik Golzine.

Di saat yang sama, Eiji dan Ibe datang dari Jepang. Mereka menemui Ash di markas rahasianya untuk kepentingan liputan. Di tengah wawancara, kelompok Golzine menyerang. Mereka memburu Banana Fish yang disimpan Ash.

Para penyerang gagal mencapai tujuannya. Sebagai gantinya, mereka menculik Skipper dan Eiji. Dua orang yang berharga bagi Ash. 

Dalam usaha menyelamatkan dua orang paling berharga. Ash terseret dalam misteri banana fish. Masalahnya, ternyata jauh lebih besar dari yang diperkirakan. Grup mafia pecinan, hingga pemerintah, terlibat dalam urusan mereka.

Tanpa disadari, Ash punya tujuan baru, melindungi Eiji. Di sisi lain, Eiji khawatir sesuatu menimpa Ash. Karena itu, dia berusaha agar berguna dan tidak jadi beban.

Baca juga: Tower of God (2020) Adalah Penanda Era Baru Anime

Antara shounen ai dan deep friendship

Banana fish sejak awal adalah manga shoujo. Meskipun ide ceritanya bukan tipikal manga shoujo. Karena sasaran demografinya perempuan, fan service dari Ash dan Eiji harusnya jadi daya jual serial ini. Apalagi, Mappa Studio punya pengalaman menggarap anime shounen-ai yang menjual fan service. Kita bisa melihatnya dalam Free dan Yuri on Ice.

Namun, tidak ada fan service semacam itu dalam Banana Fish. Hubungan Ash dan Eiji tidak sesederhana romansa Yaoi pada umumnya. Tidak ada adegan erotis selain ciuman pada episode awal. Yang dilakukan Ash, untuk menyelundupkan pesan dalam kapsul obat dari mulutnya ke mulut Eiji. 

Hubungan Eiji dan Ash kelihatannya memang ambigu. Pada satu titik hubugan mereka seperti Naruto dan Sasuke, Kagami dan Kuroko, atau Kageyama dan Hinata. Namun, di titik lain kita jelas melihat cara Ash menatap Eiji. Menjelaskan kalau hubungan mereka lebih dari sekedar persahabatan.

Interaksi mereka yang minim sentuhan fisik lebih mendekati suasana sensual yang romantis. Untungnya, Yoshida sensei mengonfirmasi. Keduanya memang menjalin relasi romantis yang aseksual. Ash lelah dan muak dengan hubungan seksual. Dia memang sudah jadi korban kekerasan seksual sejak kecil sewaktu jadi gundik Golzine.

Meski begitu, hubungan keduanya adalah aspek paling manis yang membumbui cerita. Ketimbang suguhan fan service seperti pelukan dan ciuman yang lebay. Kita justru menemuka percakapan-percakapan intim yang menghubungkan kedua karakter. Membuat mereka saling memahami kepedihan masing-masing.

Banana Fish adalah anime yang berhasil memadukan unsur shounen dan shoujo, peperangan dan cinta, dan menurut penulis berhasil menyampaikan pesan bahwa cinta dapat kita temukan dalam bentuk apapun.

Tonton trailernya sekarang.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here