Oh My Baby (2020): Antara Pilihan Tidak Menikah dan Keinginan Punya Anak

1
209
Oh My Baby,
Gambar: Viu Singapore (Youtube)
  • Peringatan. Tulisan ini mengandung spoiler. Tidak disarankan untuk anda yang belum menonton filmnya.

Oh My Baby adalah drama produksi Tvn. Disutradarai Nam Ki Hoon, sebelumnya dikenal lewat sejumlah drama hits seperti Tunnel, The Beauty Inside, dan Voice 3. Komedi romantis ini, tayang setiap rabu dan kamis menggantikan slot drama Memorist.

Oh My Baby adalah cerita tentang Jang Ha Ri (Jang Na Ra). Wanita lajang berusia 39 tahun. Dia bekerja sebagai reporter dan editor di perusahaan majalah parenting “The Baby.” Meski penampilannya menarik, Jang Ha Ri tak pernah pacaran dalam 10 tahun terakhir.

Dia gila kerja. Tak percaya cinta dan institusi pernikahan. Tapi, bekerja di majalah parenting membuatnya ingin punya anak. Satu-satunya jalan adalah donor sperma.

Masalahnya, peraturan di Korea Selatan melarang perempuan lajang menerima donor sperma. Kondisi rahim dan tubuhnya, juga sangat beresiko karena usia.

Han Yi Sang (Go Joon) adalah fotografer lepas. Dia pria yang melakukan segala hal untuk berbahagia. Dengan minat dan hobi yang terus berubah. Seperti Ha Ri, dia menolak konsep pernikahan.

Bagi Yi Sang, pernikahan akan merenggut kebahagiaannya. Han Yi Sang adalah tukang komplain yang selalu antusias dengan pekerjaan. Sinis terhadap segala hal, tapi selalu hadir di momen-momen krisis.

Yoon Jae Young (Park Byung Eun) bekerja sebagai dokter anak. Perceraian membuatnya jadi ayah tunggal. Ia adalah teman dekat Jang Ha Ri sejak kecil. Meski selalu bertengkar dan saling tahu aib masing-masing. Dia adalah teman yang bisa diandalkan oleh Jang Ha Ri. 

Baca juga: All the Bright Places (2020): Romansa Remaja Berlatar Kesehatan Mental

Choi Kang Eudeum (Jung Gun Joo) pegawai baru yang bekerja bersama Jang Ha Ri. Adalah karakter yang positif. Dia mengagumi Jang Ha Ri. Memanggil Ha Ri dengan sebutan bibi untuk mencuri perhatian.

Usia Jang Ha Ri 39 tahun. Mandiri, dan sibuk bekerja sampai lupa mencari pasangan. Tapi, sindiran drama ini, rasanya ditujukan pada orang-orang yang sibuk mencari pasangan dan lupa dengan kebahagiaannya sendiri.

Sentimen Oh My Baby menyoroti kebiasaan di Asia. Masyarakat selalu menggunjingkan keputusan orang yang tidak menikah tetapi ingin punya anak. Ini adalah gugatan terhadap nilai-nilai usang yang menghalangi kebahagiaan individual tiap orang. Laki-laki maupun perempuan.

Gugatan itu dijelaskan lewat masalah-masalah karakternya. Jang Ha Ri yang sejak awal memang memilih tidak menikah. Dan Yoon Jae yang bertahan dengan statusnya sebagai orang tua tunggal.

Komedi satir yang bikin saya terpingkal, sepertinya digunakan sebagai bungkusan. Tentu saja agar isunya yang agak berat lebih mudah dimengerti. Ambil contoh saat Jang Ha Ri berpose elegan dalam satu adegan. Bukannya mengenakan cincin kawin, sebuah dot bayi tersemat di jarinya dan ada tulisan “Shall we skip marriage?”

Seri Oh My Baby ini telah tayang sejak mei 2020. Di Indonesia, bisa ditonton lewat platform VIU atau Vidio. Akankah ketiga pria yang berada di sekitarnya, mampu mengubah pandangan Jang Ha Ri tentang cinta. Atau, justru jadi hubungan cinta segi empat yang rumit?

Tonton trailernya sekarang.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here