A Taxi Driver (2017): dari Anti ke Empati

1
72
A Taxi Driver,
Gambar: Movieclips Indie (Youtube)

A Taxi Driver

A Taxi Driver adalah drama aksi dan sejarah Korea Selatan yang dirilis tahun 2017. Disutradarai oleh Jang Hoon. Didasarkan pada peristiwa nyata. Pemberontakan Gwangju 1980.

Plot

Kim Man-seob (Song Kang-ho) adalah duda yang bekerja sebagai sopir taksi di Seoul. Suatu hari, dia menguping percakapan telepon sopir taksi lain. Isinya adalah pembicaraan tentang klien asing yang menyewa untuk perjalanan senilai 100.000 won (81 USD/ 1.153.683 IDR untuk kurs saat ini).  

Klien itu adalah Jürgen Hinzpeter/Peter (Thomas Kretschmann ). Wartawan asal Jerman yang ingin meliput pemberontakan Gwangju. Kota yang terisolasi seletah UU Darurat Militer diberlakukan.

Tugas dari Peter terdengar sederhana. Meninggalkan Gwangju dan kembali ke Seoul sebelum jam malam. Karena itu, Man-seob tanpa pikir panjang mencuri klien rekannya. Menemui si wartawan sebagai Kim Sa-Bok.

Menuju Gwangju. kedua pria ini harus melewati jalan yang dijaga ketat oleh tentara. Man-seob mencoba meyakinkan Peter bahwa mereka harus kembali ke Seoul. Tapi, Peter menolak untuk membayar 100.000 won kecuali mereka mencapai Gwangju. 

Mereka berhasil memasuki kota. Keduanya membohongi tentara bahwa Peter adalah pengusaha. Di Gwangju, mereka menemukan bahwa semua toko tutup dan jalanan sepi. 

Man-seob adalah jenis warga yang percaya semua kata media. Dia yakin situasi memburuk akibat gelombang protes pelajar. Karena itu, dia anti pada demonstrasi. Keyakinan itu hancur, setelah menyaksikan langsung situasi di Gwangju.

Gwangju adalah neraka dalam arti yang nyaris harfiah. Orang-orang terluka dan beberapa telah jadi mayat. Man-seob bertemu dengan seorang ibu yang kehilangan anaknya. Dia memahami perasaan ibu ini sebab punya satu anak perempuan. Situasi kian genting, dan mereka harus menunda kepulangan.

Peter harus mengerjakan tugasnya, sembunyi-sembunyi merekam tentara yang tanpa ampun menembaki warga. Sedangkan Man-seob bekerjasama dengan para pengemudi taksi lokal. Mereka menggunakan Taksi sebagai barikade untuk melindungi warga sipil dari sasaran tembak.

Penghargaan

A Taxi Driver pernah masuk nominasi Academy Award untuk kategori film berbahasa asing. Pendapatannya, di urutan ke 11 terbanyak sepanjang sejarah film Korea Selatan. Urutan kedua di tahun 2017. Song Kang-ho yang memerankan Man-seob, dinobatkan sebagai Aktor Terbaik dalam Festival Film Internasional Fantasia.

Tonton trailernya sekarang.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here