Literasi Kesehatan Mental dalam Soul Mechanic (2020)

1
77
Kesehatan Mental,
Gambar: KBS World (Youtube)

Kesehatan Mental dan Masalahnya

Kesehatan mental adalah isu yang menjual dan belakangan marak diangkat dalam sebuah film atau serial drama. Bagaimana ciri-ciri orang yang memiliki gangguan mental? bagaimana cara menghadapinya? bagaimana penanganan yang tepat?

Angka kasus bunuh diri terus meningkat secara signifikan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap detik terdapat satu orang yang melakukan bunuh diri. Hal itu terjadi di seluruh dunia.

Menurut Health Metrics and Evaluation (IHME) depresi adalah penyumbang terbesar jumlah angka bunuh diri. Utamanya di  Indonesia. Minimnya pendidikan tentang kesehatan mental dan stigma masyarakat pada penderita depresi jadi salah satu pemicu dalam kasus bunuh diri.

Kesehatan Mental dalam Soul Mechanic

Ada banyak pertanyaan yang muncul ketika mendengar seseorang memiliki gangguan mental. Soul Mechanic, kira-kira berarti reparator jiwa. Drama ini, juga mengangkat isu kesehatan mental.

Drama yang mengambil latar dunia medis memang banyak diproduksi oleh stasiun tv Korea Selatan. Peminat terbesarnya adalah mahasiswa kedokteran. Mungkin untuk menyelam sambil minum air seperti kata pepatah.

Saya merasa drama ini pas untuk ditonton untuk kita yang memiliki keluarga, teman, atau orang di sekitar yang sedang mengalami depresi. Adegan dalam drama ini keseharian kita semua. Perilaku-perilaku kecil apa saja yang bisa membuat orang lain stress hingga menjadi depresi.

Ada beberapa pasiendalam drama ini yang ingin bunuh diri karena masalah sepele. Salah satunya karena ditegur dengan cara salah. Tapi ada juga yang menghadapi masalah berat seperti perundungan, hingga penghinaan kejam. Membuat si pasien lelah dengan hidupnya.

Baca juga: Soul Mechanic (2020): Kesehatan Mental dan Rasa Bersalah Seorang Dokter

Bagaimana seharusnya menghadapai orang yang memiliki gangguan mental? Tanpa memperparah keadaannya. Psikiater dalam drama ini menunjukkan caranya.

Dunia podcast atau rekaman siaran belakangan diminati masyarakat. Seperti radio sewaktu masih tren. Drama ini menampilkan bagaimana podcast mengambil bagian penting dalam membangun literasi kesehatan mental.

Psikiater Lee Shi Joon (Shin Ha Kyun) yang melakukan siaran audio atau podcast menamai kanalnya, Soul Mechanic. Media itu sukses jadi saluran promosi kesehatan mental. Beberapa kali, Dokter Lee berhasil menyelamatkan nyawa seseorang tanpa dia ketahui.

Ada yang mengurungkan niat bunuh diri setelah mendengar siaran Soul Mechanic. Suara Dokter Lee yang lembut dan menenangkan, memang bisa bikin semangat. Itu salah satu kekuatan yang meyakinkan orang lain. Membuat pendengarnya sadar dan berpikir dua kali untuk melukai diri sendiri.

Baca juga: All the Bright Places (2020): Romansa Remaja Berbalut Isu Kesehatan Mental

Meski tentang dunia medis, drama ini tidak punya banyak adegan di rumah sakit. Lingkungan sekitar seperti tempat kerja, panti jompo, restoran, dan klinik psikiatri lebih banyak digunakan sebagai latar adegan.

Dokter Lee digambarkan sering menemui pasien rawat jalan di luar rumah sakit. Itu, menurut saya bikin serial tidak membosankan. Kesannya lebih nyata karena adegan mengambil frame di tempat-tempat yang terhubung dengan banyak orang. Misalnya lingkungan kerja.

Kim Sabu dalam Dr Romantic memang terkenal dengan tangan dewanya. Dia mampu melakukan operasi yang sulit dan tak biasa. Tapi, Dokter Lee Shi Joon punya pesonanya sendiri. Dengan pemulihan gangguan mental, tanpa obat-obatan industri. 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here