Adrift (2018): Cinta dan Perpisahan di Tengah Badai

0
99
Adrift,
Gambar: STX Entertainment (Youtube)

Adrift dan laut

Laut memang punya kesan khusus bila jadi latar cerita. Titanic, dan Life Of Pi menunjukkan keindahan sekaligus kejamnya samudera. Menyaksikan tokoh utama berjuang keras bertahan hidup di horizon luas menghadirkan ketegangan. Hal yang sama, ditawarkan dalam drama romantis arahan sutradara Baltasar Kormákur,  Adrift.

Adrift diadaptasi dari peristiwa nyata tahun 1983. Dari pengalaman seorang pelaut perempuan, Tami Oldham. Dia berhasil selamat pasca 41 hari terombang ambing di Samudra Pasifik sendirian. Terdampar di atas perahu rusak dan tanpa radio serta perbekalan makanan yang minim. 

Plot

Tami: What’s it like sailing out there all alone?
Richard: You’re either sleep deprived or seasick, and after a few days there’s hallucinations.
Tami: Why do you do it?
Richard: It’s a feeling that I can’t describe. The view and the infinite horizon.

Tami (Shailene Woodley) adalah backpacker muda yang senang mengembara. Berpindah tempat ke tempat bermodalkan upah dari kerja serabutan. Titik mula konflik cerita dimulai ketika Tami bertemu dengan seorang pelaut muda, Richard (Sam Claflin). Mereka sama-sama punya masalah keluarga. Menjadikan keduanya dekat dan saling tertarik.

Tami punya keinginan kuat untuk mengembara, demi ingin melupakan masa lalunya. Karena itu, dia menerima ajakan Richard untuk petualangan bersama di lautan luas. Dengan kapal Boat rakitan Richard, keduanya berlayar dan sesekali bersantai di pulau-pulau persinggahan.

Cobaan bagi hubungan mereka datang. Richard, menerima pekerjaan untuk membawa kapal Boat temannya. Melintasi Samudra Pasifik. Menghadapi badai dahsyat yang menghancurkan kapal.

Baca juga: 9 Film Romansa Remaja di Tahun 2020 yang Sayang Jika Dilewatkan

Narasi klise

Nyaris tak ada yang spesial dalam film ini. Cerita adaptasi dari kisah nyata memang cenderung klise dan sederhana. Tidak perlu usaha lebih bagi penonton romansa veteran untuk menebak keseluruhan adegan.

Namun, terlepas dari romansa yang basi. Penulisan cerita dan naskahnya cukup rapi. Tidak ada lubang plot yang membingungkan. Selain itu, plot twistnya cukup menyentuh dan lumayan mengaduk emosi. Beberapa poin ini menyelamatkan film dari klise yang membosankan.

Pemeran utama, penyelamat yang lain

Shailene Woodley memerankan tokoh Tami dengan sempurna. Tak ada keraguan dari aktingnya. Dia memang layak untuk peran perempuan tangguh. Lihat dari sepak terjangnya di film-film sebelumnya seperti dalam trilogi Divergent.

Shailene Woodley tidak main-main. Beberapa bulan sebelum terjun ke dalam proyek Adrift, dia melakukan diet ketat demi menghayati karakter dan penampilan tokoh. 

Di Adrift, ekspresi-ekspresi Shailene sangat meyakinkan. Emosi keputusasaan dan keperihan yang mendalam hadir di setiap mimiknya. Menampilkan tokoh Tami yang lebih hidup dan manusiawi.

Baca juga: Backstreet Rookie (2020): Komedi Romantis Bernuansa Toserba

Sinematik

Riasa wajah pemeran utama dalam film ini terlihat sangat natural. Terutama saat efek sunburn kala adegan terdampar berhari-hari di lautan. Jangan khawatir dengan latar ruangnya. Baltasar Komakur benar-benar lihat memilih seting tempat indah. 

Sungai-sungai yang mengitari kars. Hamparan laut biru samudra pasifik siap memanjakan mata anda. Dan tentu saja, ombak besar yang menggunung saat badai sukses menciptakan ketegangan untuk beberapa saat. Itu CGI tentu saja.

Musik latar dan dialog yang tak berkesan

Untuk musik latar film. Kita tidak bisa berharap banyak. Tak ada lantunan nada yang berkesan. Juga, tak ada percakapan romantis atau kutipan yang bisa jadi cindramata bagi penonton (yang gemar berburu kutipan).

Meski begitu, chemistry Tami dan Richard terbangun dengan apik. Mungkin, ini bisa jadi inspirasi bagi para pasangan hippie. Yang gemar menghabiskan waktu, dengan traveling dan hidup nomaden.

Terlepas dari sejumlah penilaian yang menyudutkan Adrift. Film berdurasi 96 menit produksi STX ini masih bisa ditonton sendiri bila kamu memang penggemar film romansa. Bisa juga jadi tontonan bersama pasangan. Siapa tahu, ada wawasan yang bisa menjadikanmu dan pasangan lebih langgeng dan bahagia. Siapa tahu. 

Tonton trailernya sekarang.

.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here