Antara Hukum dan Kebebasan di The Shawshank Redemption (1994)

0
155
The Shawshank Redemption,
Gambar: HD Retro Trailers (Youtube)

The Shawshank Redemption

The Shawshank Redemption adalah film yang rilis tahun 1994. Drama Amerika yang diadaptasi dari salah satu karya Stephen King, Rita Hayworth and Shawshank Redemption. Dengan latar waktu tahun 1940. Didistribuskan pertama kali oleh Columbia Pictures. Sekarang film ini sudah tersedia di beberapa platform daring.

Film ini didapuk sebagai garapan terlaris sepanjang masa. Posisinya tak pernah bergeser dari peringkat 1 versi IMDb dengan rating 9,3. Plot unik dan menegangkan ditambah akting apik dari para pemeran adalah kombinasi sempurna yang mendudukkan film ini di tempat terbaik.

Plot

The Shawshank Redemption dimulai dengan kemunculan tokoh utama, Andy Dufresne (Tim Robbins). Dia harus menjalani persidangan sebagai pembunuh istrinya. Membuatnya harus menjalani hukuman penjara dua kali seumur hidup di Shawshank State Penitentiary. Semua karena sebuah tuduhan yang tak pernah dia lakukan.

Sebulan di dalam penjara. Andy mulai bicara dengan salah satu tahanan, Red (Morgan Freeman). Orang ini telah menghabiskan dua puluh tahun masa hidupnya dalam penjara. Red disegani oleh tahanan lain karena keahliannya. Dia bisa menyelundupkan apapun yang diminta oleh para tahanan.

Andy meminta Red menyelundupkan sebuah palu batu agar ia dapat membuat pion-pion catur. Hubungan mereka pun menjadi lebih dekat sejak saat itu. 

Baca juga: As Tears Go By (1988): Kisah Cinta Tragis Seorang Bandit Kecil

Dua tahun pertama di Shawshank merupakan tahun-tahun terberat bagi Andy. Hidupnya berubah setelah membantu Kepala Sipir, Byron Hadley (Clancy Brown). Mengurus pajak warisan dan meretas celah dalam sistem keuangan.

Ketika keahliannya diakui oleh orang-orang, dia harus mengelola keuangan penjara dan jadi konsultan keuangan bagi para sipir. Andy dipindah tugaskan ke perpustakaan Shawsank untuk membantu seorang tahanan lansia, Brooks Hatlen (James Whitmore).

Kepala Penjara rupanya mengeksploitasi para tahanan untuk pekerjaan umum. Mendapatkan keuntungan dengan memangkas biaya buruh dan menerima suap. Andy untuk mencuci uangnya agar terhindar dari segala curiga. Di saat yang sama, dia sedang merencanakan sebuah pelarian besar untuk kebebasannya.

Tonton trailernya sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here