5 Anime untuk Nostalgia Masa Sekolah

0
445
Anime,
Gambar: Madman Anime (Youtube)

Kangen sekolah, maunya nonton anime aja

Salah satu yang terdampak pandemi adalah sekolah. Proses belajar-mengajar tatap muka berganti jadi via daring atau. Keadaan macam ini bikin kamu kangen suasana sekolah. Suasana belajar barengnya, nongkrong dengan teman, sampai cinta-cintaan tipikal anak SMA yang uwuwu.

Baca juga: Darwin’s Game (2020): Shounen Battle Royale Rasa Isekai

Tapi di satu sisi, gak sekolah enak juga. Bisa nonton anime seharian sambil rebahan di kasur kesayangan. Tak perlu khawatir. Untuk mengobati rasa kangen tanpa mengganggu rebahanmu, kami merekomendasikan beberapa anime dengan tema sekolah buat kamu.

Daftar ini tidak didasarkan pada peringkat

Yahari Ore No Seishun Love Wa Machigatteiru (Slice of Life, Drama)

Yahari Ore no Seishun Rabukome wa Machigatteiru atau sering disingkat oregairu merupakan serial anime adaptasi. Dari light novel karangan Watari dan diilustrasikan oleh Ponkan8. Adaptasi animenya diproduksi oleh Brain base studio (Durarara, Tonari no Kaitbsu-kun, dan Hotarubi no Mori e), dengan Yoshimura Ai sebagai sutradara.

Plot

Oregairu bercerita tentang seorang remaja lelaki bernama Hikigaya Hachiman yang memiliki sifat apatis, narsis, pesimis, dan nihilis. Hikigaya memiliki pandangan yang berbeda mengenai masa remaja dibanding kebanyakan teman-teman sebayanya. Hal itu malah membuat Hikigaya jadi sekedar pemuda canggung yang cenderung menjijikkan dan terasing dari pergaulan.

Baca juga: Banana Fish (2018) Mengajarkan, Kalau Cinta Bisa Hadir dalam Berbagai Bentuk dan Suasana

Dalam klub, Hikigaya bertemu dengan Yukino Yukinoshita. Gadis yang dingin dan cuek. Mereka berdua, dibantu Yui Yuigahama bersama-sama membantu para siswa. Beberapa masalah yang mereka hadapi, berkaitan dengan persoalan sosial di lingkungan remaja maupun masalah psikologis dalam interaksi mereka.

Kimi Ni Todoke (Roman)

Kimi no todoke adalah anime lawas. Pertama kali tayang musim gugur 2009. Dengan total 26 episode pada musim pertama. Ini adalah adaptasi dari manga yang berjudul sama, kreasi Shiina Karuho.

Meski lawas, kualitas animasi Kimi no todoke tidak kalah dengan anime masa kini. Itu karena keterlibatan Production I.G dalam proses produksi. Studio yang bertanggung jawab atas kesuksesan anime-anime besar macam Shingeki no Kyojin, Haikyuu, dan Ao Haru Ride.

Kimi no todoke adalah anime romansa untuk remaja. Sasaran demografi penontonnya adalah perempuan muda (shoujo). Tapi bukan berarti serial anime ini tidak bisa dinikmati para lelaki. Ceritanya releatable dan manis. Konflik yang tidak lebay jadi daya tarik anime ini.

Baca juga: Tower of God (2020) Adalah Penanda Era Baru Anime

Plot

Kuronuma Sawako sering disalahpahami oleh seluruh teman kelasnya. Tingkah lakunya yang baik, dan lemah lembut kerap ditafsirkan sebagai tindakan mengerikan dan intimidatif. Semua karena penampilannya yang selalu mengurai rambutnya kedepan. Membuatnya mirip dengan kakter hantu dalam film The Ring. Sadako.

Karena keadaanya, Sawako sulit dapat teman dan bahkan untuk sekadar mengobrol. Anehnya, hal itu membuatnya terhubung dengan Kazehaya Shouta. Siswa populer di sekolahnya, dengan kepribadian yang menyejukkan. Sawako sendiri mengagumi Kazehaya dan berharap jadi temannya.

Ansatsu No Kyoshitsu (Aksi, Shounen)

Ansatsu no kyoshitsu populer dengan genre action-shounen, atau mungkin Sci-fi. Namun, fakta bahwa Ansatsu no kyoshitsu merupakan salah satu serial anime dengan berlatar dunia sekolah tidak bisa dipungkiri.

Anime ini diadaptasi dari manga populer dengan judul yang sama. Kreasi dari Yuusei Matsui sensei. Diproduksi oleh studio Lerche. Studio ini memang tidak populer. Tapi, beberapa garapannya cukup terkenal. Danganronpa series, Carnival phantasm (dari seri Fate), dan Given, mungkin cukup familiar untukmu.

Plot

Ansatsu no kyoshitsu tidak seperti anime yang kita bahas sebelumnya. Plotnya lebih berat dan serius. Ceritanya berpusat pada siswa dari kelas khusus bernama Nagisa Shiota. Wajahnya cantik untuk ukuran laki-laki, namun dia menyimpan bakat terpedam.

Baca juga: Psycho-Pass : Mungkin Masa Depan Manusia akan Seperti ini Setelah Covid-19

Shiota dan teman kelasnya di SMP Kunigaoka menerima misi khusus yang hanya bisa dilakukan oleh mereka. Siswa kelas 3-E. Mereka harus membunuh monster misterius yang mampu terbang dengan kecepatan 20 mach, memiliki kekuatan super kuat, kebal racun, dan hal-hal tidak masuk akal lainnya.

Monster itu, adalah guru mereka yang disebut Koro-Sensei. Para siswa kelas 3-E harus membunuhnya sebelum masa sekolah berakhir. Jika mereka gagal, Koro-sensei akan menghancurkan bumi.

Another (Horor)

Another diadaptasi dari light novel karangan Ayatsuji Yukito. Diilustrasikan oleh Noizi Itou. Diproduksi oleh studio P.A Works. Studio ini adalah produsen dari serial anime sekolah populer macam Angel Beats, Tari Tari, dan Nagi no asakura.

Plot

Seorang siswi populer di SMP Yomimayama utara kelas 3-3 bernama Misaki meninggal pada masa sekolahnya, tahun 1972. Sejak saat itu seluruh kota Yomiyama dipenuhi atmosfer mengerikan dengan rahasia yang tersembunyi di dalamnya.

Baca juga: Koe No Katachi (2016): Sebuah Usaha membicarakan Disabilitas, Perundungan, dan Penebusan Dosa

Remaja bernama Kouichi Sakakibara pindah sekolah ke kelas 3-3 SMP Yomiyama utara (kelas Misaki) dua puluh enam tahun kemudian. Kouchi menemukan ada yang aneh dan suram dengan kelas itu. Mei Misaki dianggap tidak ada oleh seluruh teman kelasnya, bahkan oleh para guru. Koichi jadi dekat dengan Mei Misaki tanpa ia sadari. Hal itu membawanya pada kejadian-kejadian misterius yang meliputi kelas 3-3.

Asobi Asobase (Komedi)

Apa yang muncul di pikiranmu saat mendengar sekolah khusus putri? Mungkin kesan anggun, terpandang, elit, dan menawan. Jangan mengharapkan hal semacam itu saat menonton Asobi asobase.

Plot

Olivia adalah siswi pindahan pura-pura tidak bisa berbahasa jepang. Dia selalu berbicara dalam aksen luar negeri palsu meski sebenarnya tidak tahu berbahasa inggris. Kasumi Nomura, siswi berkacamata yang kelihatannya cerdas namun sebenarnya sangat lemah di pelajaran bahasa inggris. Hanako Honda, siswi yang heboh dan kelihatan biasa saja namun sebenarnya cerdas dan kaya.

Baca juga: Koe No Katachi (2016): Sebuah Usaha membicarakan Disabilitas, Perundungan, dan Penebusan Dosa

Ketiga siswi ini membuat perkumpulan bernama Pastimer Club. Yang sebenarnya hanya tempat mereka memainkan berbagai jenis permainan tradional Jepang. Namun, dengan cara yang benar-benar mengocok perut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here