Silenced (2011) dan Beratnya Mengawal Kasus Kekerasan Seksual

1
186
Silenced,
Gambar: CJ Entertainment (Youtube)

Silenced dan sederet penghargaan

Silenced diadaptasi dari peristiwa kekerasan seksual yang terjadi di Gwangju Inhwa School pada tahun 2005. Sekolah tunarungu yang berdiri sejak 1961 di Korea Selatan. Film ini disutradarai oleh Dong Hyuk Hwang.

Sebelum diangkat ke layar lebar, kisah ini lebih dulu diabadikan Kong Ji Young melalui novel berjudul Dogani yang terbit tahun 2009. Silenced diganjar berbagai penghargaan sebagai bentuk apresiasi.

Baca juga: A Taxi Driver (2017): dari Anti ke Empati

Di KOFRA Film Awards tahun 2012 jadi Best Film. Di tahun yang sama, Udine Far East Film Festival memberi penghargaan berupa Audience Award dan Black Dragon Audience Award.

Film berdurasi 125 menit ini didistribusikan oleh CJ Entertainment. Selama masa tayang, Silenced sukses meraup pendapatan sebesar 30,7 juta USD.

Plot

Silenced (2011) dibuka dengan adegan seorang anak kecil berdiri di rel kereta api. Tatapannya kosong. Tak bergeming.

Bahkan ketika lampu kereta api yang silau menyorot matanya. Ia tetap berdiri. Hingga tubuhnya tersingkir oleh hantaman kereta api yang melaju kencang.

Seiring cerita, diketahui anak kecil itu adalah adik Min Su, seorang siswa di Ja Ae School. Ja Ae School adalah sekolah untuk anak-anak tunarungu di daerah Mujin, yang jauh dari pusat kota. 

Suatu hari, Ja Ae School kedatangan guru baru dari Seoul, Kang In Ho (‎Gong Yoo‎). Dia datang atas rekomendasi profesornya. In Ho disambut oleh sistem sekolah yang korup. Memintanya membayar dana pengembangan gedung.

Baca juga: Extracurricular (2020): Sisi Gelap Kehidupan Remaja Korea

In Ho mendapati perilaku aneh anak-anak yang ditemuinya, serta wajah mereka yang lebam. Ketika bergegas pulang di malam hari, dia mendengar rintihan dari kamar mandi asrama.

Rasa penasaran membawanya ke sumber suara. Dia menanyakan apakah ada orang di dalam. Namun suara rintihan itu tiba-tiba berhenti. In Ho hampir membuka pintu, namun sekuriti segera menghentikannya. 

Belakangan terungkap bahwa rintihan dari kamar mandi malam itu adalah milik Yeon Do (Kim Hyun-soo)— salah satu siswi In Ho. Ia bersembunyi dari kejaran kepala sekolah yang ingin memperkosanya. Namun naas, kepala sekolah mengetahui keberadaannya. 

Yeon Do bukan satu-satunya yang mengalami kekerasan seksual. Dua kawannya, Min Su (Kim Hyun-soo) dan Yu Ri (Jung In-seo) juga turut menjadi korban. Pelakunya adalah tiga orang berbeda. Kepala sekolah, kepala keuangan sekolah (saudara kembar kepala sekolah), dan seorang guru.

Tonton trailernya sekarang.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here