4 Rekomendasi Anime Non-Ghibli Terbaik di Layar Lebar

1
353
Ghibli,
Gambar: cwfilms (Youtube)

Ghibli yang pertama

Studio Ghibli dikenal sebagai studio terbaik dalam produksi anime layar lebar.  Kualitasnya diakui seluruh dunia. Hal ini dibuktikan dengan terpilihnya Spritted away sebagai film animasi terbaik dalam Oscar. Spritted away, sampai sekarang masih tercatat sebagai satu-satunya animasi non-Holywood yang memenangkan penghargaan bergengsi ini.

Wajar jika studio Ghibli digermari. Isu garapannya cenderung provokatif. Ide ceritanya sangat imajinatif. Dan, jangan lupakan gaya penceritaan Ghibli yang selalu sukses menguras emosi. Tapi, anime layar lebar berkualitas tidak melulu produksi Ghibli. Daftar ini merekomendasikan anime layar lebar terbaik yang bukan garapan Ghibli.

Daftar ini tidak berdasarkan peringkat

Garden of Words (Kotonoha no Niwa)

Trivia

Makoto Shinkai mungkin lebih dikenal lewat Your name (Kimi no Nawa). Bukan hal aneh memang. Pada tahun rilisnya film ini, Kimi no Nawa jadi salah satu anime yang banyak diperbincangkan bahkan di luar kalangan otaku dan para wibu.

Sempat di gadang-gadang jadi kompetitor Spiritted Away garapan Ghibli dalam Oscar, namun kalah saing oleh animasi Holywood. Makoto shinkai bukan pemain baru di anime layar lebar. Karyanya sebelum kimi no nawa, punya kualitas yang tak kalah. Salah satunya adalah Kotonoha no Niwa. Judul internasionalnya Garden of words.

Dalam Your Name, sebenarnya ada easter eggs yang menampilkan karakter Kotonoha no Niwa. Anime ini tayang perdana pada Mei 2013. Di produksi oleh studio Commix Wave Films, yang konsisten dengan gaya khas Makoto Shinkai yang super realistik.

Commix wave films memang sering bekerja sama dengan Makoto Shinkai. 5 Centimeters/Second, dan Children Who Chase Lost, adalah hasil kerjasama dengan Makoto senpai setelah Garden of Words. Itu sudah termasuk Your name, dan Weathering With You.

Plot

Dua orang yang terikat oleh takdir bertemu di Tokyo ketika hujan turun. Takao Akizuki, seorang pelajar yang bermimpi jadi desainer sepatu memutuskan bolos sekolah. Dia memilih membuat sketsa sepatu desainnya saat berteduh di sebuah taman.

Takao secara tidak sengaja bertemu dengan Yukari Yukino yang juga singgah berteduh. Mereka semakin sering bertemu setelah itu, setiap hujan turun. Namun, pertemuan mereka terhalang setiap hujan reda. Yukari satu-satunya yang memahami jika keinginan untuk bersama Takao selamanya, sulit diwujudkan.

Kotonoha no Niwa adalah romansa yang unik. Premisnya adalah relasi murid dan guru. Namun jangan membayangkan kisah cinta yang panas ala Domestic no Kanojo.

Romansa Kotonoha no Niwa, tidak mengumbar adegan erotis. Dimensi ceritanya lebih bersandar pada dialog dan tindakan-tindakan subtil yang romantis. Ambil contoh tindakan Takao yang mendesain sepatu untuk Yukari.

Durasi yang singkat jadi salah satu kekuatan film ini. Narasi yang disampaikan padat dan tidak bertele-tele. Dengan pacing yang tidak terburu-buru.

Hotarubi no Mori e

Trivia

Hotarubi no Mori e mungkin merupakan anime paling underrated dalam daftar ini. Memadukan tema supranatural dan romantis, Hotarobi no Mori e berhasil menyajikan romansa unik yang menggetarkan hati.

Anime ini diadaptasi dari manga dengan judul yang sama karya Midorikawa Yuki. Manga yang terbilang cukup singkat dengan hanya satu volume saja. Diproduksi oleh Brain Base. Studio yang sering mengadaptasi manga dengan tema supranatural. Hotarubi no Mori e sukses digarap jadi anime apik berdurasi 40 menit.

Plot

Hotaru, bocah perempuan umur 6 tahun tersesat di sebuah hutan. Dia berkunjung kesana karena penarasan pada cerita dewa gunung. Dalam keadaan putus asa, hotaru bertemu seorang pria misterius bertopeng.

Pria itu adalah roh penunggu hutan. Namanya Gin. Dia menolong Hotaru untuk keluar dari hutan. Setelah berhasil keluar dari hutan, Gin mengingatkan hotaru agar tidak kembali ke hutan.

Meskipun begitu, Hotaru selalu kembali ke hutan. Dia datang untuk menemui Gin, setiap musim panas saat berlibur ke rumah pamannya. Mereka selalu bermain bersama dan perlahan saling suka.

Sayangnya, kebersamaan yang manis itu terhalang oleh satu aturan mutlak. Hotaru tidak bisa dan tidak boleh menyetuh Gin. Jika itu terjadi, Gin akan menghilang.

Hotarubi no Mori e tayang dengan durasi singkat. Plotnya sederhana, dan karakternya cukup sedikit. Sinematografinya jauh dari kata mewah, dan gaya animasinya tidak istimewa. Jika harus memilih satu kata untuk menggambarkan anime ini. Saya akan memilih kata ini, simpel. Tapi, tenang saja. Itulah kekuatan utama Hotarubi no Mori e.

Koe no Katachi

Trivia

Koe no Katachi hadir setelah kesuksesan Your name yang sempat  menguncang pasar internasional. Dengan tema sekolah anime ini sedikit mengingatkan pada cerita Your name. Ini adalah anime romantis dengan latar sekolah, itu kesan pertama saya. Mungkin dengan sedikit bumbu supernatural.

Plot

Setelah lima menit menonton. Saya baru sadar kalau fokus utama film ini bukanlah romansa remaja. Perundungan, kesehatan mental, disabilitas, kehidupan orang tua tunggal, dan ada sederet isu lain yang coba di ceritakan dalam durasi 2 jam 10 menit. Itu durasi yang tepat, mengingat kadar isu yang coba dinarasikan.

Meski isunya terbilang berat, Koe no Katachi tetap menghibur dengan cara yang menarik. Lewat interaksi unik dan lucu antara Shouko dan Shouya. Saya sudah mengulas Koe no Katachi beberapa minggu lalu. Jika kamu ingin membacanya, silakan ikuti tautan di bawah. 

Perfect Blue

Trivia

Berbeda dengan beberapa anime sebelumnya, Perfect Blue adalah anime yang cukup lawas. Merupakan karya debut sutradara legendaris Satoshi Kon, diproduksi oleh studio Madhouse. Perfect Blue diadaptasi dari novel karya Yoshikazu Takeuchi yang terbit pada tahun 1991.

Perfect Blue mulai tayang secara komersil di tahun 1998. Namun, penayangan perdananya adalah tahun 1997 dalam gelaran Fan-Asia Festival di Montreal. Di sana, Perfect Blue sukses memboyong dua penghargaan. Best Asian Film dan Best Animation Film.

Plot

Mima Kirigoe, adalah anggota grup idol CHAM. Suatu hari, dia memilih keluar dari grup dan beralih menjadi aktris. Reaksi para penggemarnya cukup beragam. Ada yang mendukung dan ada yang menolak.

Siapa sangka, keputusan itu mengubah hidupnya. Mima menerima peran dalam sebuah serial drama bergenre kriminal. Karirnya sebagai aktris meroket. Tawaran kerja semakin banyak. Hal itu, justru membuat Mima depresi alih-alih bahagia.

Masalah makin besar ketika seorang penggemar yang terobsesi mulai menguntit dan mengganggu hidupnya. Di internet, sebuah situs misterius muncul dan mengekspos kehidupan pribadinya hingga ke detail paling kecil. Semua tekanan itu membuat Mina semakin sulit membedakan antara realita, dan perannya dalam film.

Perfect Blue adalah anime lawas yang sukses. Dari segi komersial maupun kritik. Ide ceritanya yang visioner bukan sekedar warisan. Tapi, justru semakin relevan dari tahun ke tahun.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here