Mulan (2020): Nuansa Tiongkok dan Perjuangan Perempuan

1
37
Mulan,
Gambar: Walt Disney Studios (Youtube)
  • Peringatan. Tulisan ini mengandung spoiler. Tidak disarankan untuk Anda yang belum menonton filmnya.

Ini adalah adaptasi dari film Disney 1998 dengan judul yang sama. Film ini digarap oleh sutradara Niki Caro dan diproduksi oleh Walt Disney Pictures. Bercerita tentang pejuang perempuan legendaris dari kekaisaran China.

Pemeran dan Karakter

Film ini diperankan oleh Liu Yifei, Donnie Yen, Jason Scott Lee, Yason An, Gong Li, dan beberapa aktor dan aktris China lainnya.

Liu Yifei memerankan karakter Mulan sebagai tokoh utama. Ia dalah pejuang perempuan dengan chi yang kuat. Donnie Yen sebagai Komandan Tung, panglima tinggi tentara kekaisaran. Jason Scott Lee sebagai Bori Khan, pemimpin prajurit Hun dari bangsa Rouran. Yason An sebagai Chen Honghui, prajurit kekaisaran yang sukses membuat Mulan jatuh hati. Gong Li sebagai Xian Lang, penyihir jahat yang bersekutu dengan Bori Khan.

Baca juga: Melihat Disney yang Berbeda di Mulan Live Action Movie (2020)

Plot

Ini adalah film berlatar zaman kekaisaran China. Cerita berawal saat Kaisar China mengeluarkan dekret agar tiap keluarga mengutus satu putra untuk berlatih perang melawan bangsa Rouran. Tapi sayang, keluarga Mulan tidak memiliki pria selain sang ayah yang sudah tua dan cacat. Akhirnya, ia pun menyamar sebagai seorang laki-laki bernama Hua Jun untuk menggantikan sang ayah.

Mulan adalah perempuan yang terlahir dengan chi, energi kehidupan tiada batas. Ayahnya bangga akan hal itu, tapi tidak dengan ibunya karena dianggap sebagai aib keluarga.

Saat musuh dari bangsa Rouran mulai menyerang, Mulan melawan penyihir bernama Xian Lang. Ia adalah pengkhianat yang kini bersekutu dengan Bori Khan untuk melawan kekaisaran China.

Baca juga: Menyaksikan Accepted (2006), Menyingkap Borok Sistem Pendidikan Kita

Xian Lang tahu jika Mulan adalah seorang perempuan. Saat itulah ia mencoba menghasut untuk segera membongkar identitasnya. Xiang Lang yang dulunya memiliki chi memberitahu jika chi itu akan melemah jika terus-terusan berbohong. Terlebih bahwa ada tiga prinsip yang harus dianut di medan perang yaitu loyal (setia), brave (berani), dan true (jujur).

Melihat prajurit Bori Khan yang semakin kuat, akhirnya Mulan membongkar identitasnya dan berakhir harus diusir dari lokasi perang. Saat situasi mulai mereda, penyihir Xian Lang datang menghasutnya kembali untuk bergabung bersama pasukan Rouran. Walau begitu, ia menolak berkhianat.

Mendengar informasi dari Xian Lang bahwa pasukan Bori Khan akan kembali menyerang, akhirnya Mulan memberanikan diri kembali ke camp pelatihan. Meski awalnya ditolak, ia akhirnya diangkat jadi pemimpin pasukan dan berhasil menaklukkan pihak lawan. Sejak saat itulah ia menjadi kehormatan keluarga dan diakui sebagai wanita dengan chi yang kuat.

Tonton trailernya sekarang.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here