Brooklyn (2015)-Alur Sederhana, tapi Saya Suka

0
39
Brooklyn,
Gambar: Movieclips Trailers (Youtube)
  • Peringatan. Tulisan ini mengandung spoiler. Tidak disarankan untuk Anda yang belum menonton filmnya.

Brooklyn adalah film garapan sutradara John Crowley. Diadaptasi dari novel karya Colm Tóibín dengan judul yang sama. Film ini dibintangi oleh Saoirse RonanEmory Cohen, dan Domhnall Gleeson.

Plot

Brooklyn bercerita tentang Ellis Lacey (Saoirse Ronan) yang mendapat kesempatan ke Brooklyn, Amerika Serikat untuk bekerja. Dia tidak menyia-nyiakan kesempatan. Meski dengan berat hati meninggalkan ibu dan kakaknya.

Saat merindukan kampung halaman, dia memutuskan ikut kelas bookkeeping untuk menyibukkan diri. Semuanya berubah sejak bertemu dengan Anthony Fiorello (Emory Cohen). Kehidupan Ellis membaik. Mereka menjalin hubungan romantis.

Ketika hubungan dengan Tony semakin serius, kabar duka datang dari Ennischorty. Ellis harus pulang. Saat kembali, dia bertemu Jim Farrel (Domhnall Gleeson). Lelaki yang menyukainya sejak lama.

Baca juga: Brooklyn (2015): Antara Cinta dan Rumah untuk Pulang

Alur sederhana dan perkembangan karakter yang jelas

Film ini berlatar tahun 50an. Sekilas tidak ada yang menarik dari plot ceritanya. Kegundahan saat jauh dari rumah atau jatuh cinta adalah perasaan yang familiar. Dan itulah kekuatannya. Alur cerita yang sederhana ini, bagi saya menjadi daya tarik Brooklyn.

John menampilkan dengan jelas perkembangan karakter tokoh utama (Ellis). Penyajiannya sangat pas. Tidak lambat, tapi juga tidak tergesa-gesa.

Selain alur cerita, pilihan cast-nya sangat pas. Mereka memerankan karakternya dengan cara yang menghanyutkan.

Baca juga: I Still Believe (2020): Romansa yang Religius

Seting

Seting seperti kostum, suasana kota Brooklyn, dan kebiasaan orang-orang dalam film. Semuanya dikerjakan dengan serius. Kita bisa merasakan nuansa dekade 50an dalam setiap sorotan. Tak ada kesalahan kecil seperti pariwara produk dari masa yang berbeda seperti di film-film indonesia.

Jadi film terfavorit dan mendapat banyak penghargaan

Film ini jadi favorit banyak orang di 2015 lalu. Termasuk saya. Tidak heran, Brooklyn masuk nominasi di berbagai ajang penghargaan. Academy Awards, British Academy Film Award, Critics’ Choice Movie Award, dan beberapa ajang penghargaan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here