The Penthouse-War in Life (2020) & Daur Ulang Konflik dari Tiga Drama

0
42
Penthouse,
Gambar: SBS Drama (Youtube)
  • Peringatan. Tulisan ini mengandung spoiler. Tidak disarankan untuk Anda yang belum menontonnya.

Kontroversi

The Penthouse sempat menuai protes dari penonton karena jalan cerita, juga visual sensasional dengan sejumlah adegan ekstrem. Penonton menganggapnya berlebihan karena drama ini tergolong PG15. Lembaga sensor atau Komisi Standar Komunikasi Korea (KCSC) telah menerima aduan tersebut.

Baca juga: Sweet Home (2020): Menemukan Rumah dalam Kehancuran

Salah satu adegan yang menuai protes saat Seo jin menyerang Yoon hee dan melukai lehernya dengan sebuah trofi. Pasca pengaduan, drama ini menyensor beberapa adegannya. Kabarnya, pihak SBS mengganti labelnya jadi PG19 setelah dapat teguran.

Rating

Dilansir Soompi, Nielsen Korea melaporkan bahwa episode pertama The Penthouse memperoleh peringkat nasional rata-rata 6,7%, 9,2%, dan 9,1%. Rating The Penthouse terus meningkat setiap minggu. Memecahkan rekor sebelumnya. Drama ini sudah berakhir 5 Desember lalu dan mencatat rating nasional tertinggi untuk episode akhirnya, yaitu 28,8%.

The Penthouse akan berlanjut hingga musim ketiga. SBS sebagai jaringan televisi yang menayangkan dan memproduksi drama ini telah memberi konfrmasi. Musim kedua akan tayang Februari mendatang.

Plot

The Penthouse bercerita tentang masyarakat kelas atas yang tinggal di apartemen mewah 100 lantai. Para penghuninya punya banyak rahasia dan ambisi. Fokus pada tiga karakter utama, Shim Su ryeon (Lee Ji ah), Cheon Seo jin (Kim So yeon), dan Oh Yoon hee (Eugene). Penthouse mengangkat permasalahan seputar pendidikan, properti, pernikahan, keluarga, hingga perundungan di sekolah.

Ketika hari jadi apartemen, seorang anak dibunuh. Empat keluarga di apartemen menutupinya sebagai kasus bunuh diri. Anak yang terbunuh ternyata punya hubungan kompleks dengan para penghuni apartemen.

Baca juga: Private Lives (2020) dan Harga Sebuah Identitas

Shim Su ryeon dikisahkan sebagai keturunan konglomerat yang bersikap seperti ratu di penthouse tersebut. Ia menikah dengan Joo Dan tae (Uhm Ki joon) seorang pebisnis real estate. Keduanya bertetangga dengan pasangan ambisius bernama Cheon Seo jin (Kim So yeon) dan Ha Yoon cheol (Yoon Jong hoon).

Berbeda dengan penghuni lain, Oh Yoon hee (Eugene) justru datang dari keluarga miskin. Namun ia bertekad untuk melakukan apapun agar dapat menjadi ratu Penthouse demi anak-anaknya.

Daur ulang konflik dari tiga drama berbeda

Banyak nilai-nilai yang bisa diteladani dari drama The Penthouse. Tak semua yang kaya raya, berkuasa, dan dihormati, layak disebut manusia. Drama ini menyajikan banyak alur pintal dengan konflik antar karakter yang sangat intens.

Menonton The Penthouse rasanya seperti menonton tiga serial bersamaan. Sky Castle (2018), Class of Lies (2019), dan A World of Married Couple (2020). Dengan konflik dari ketiganya digabung, bayangkan jumlah emosi yang dieksploitasi oleh drama ini.

Baca juga: The Spies Who Loved Me (2020): Agen Rahasia dalam Pusaran Drama

Keluarga The Penthouse mirip dengan Sky Castle. Keluarga kelas atas yang ambisius dan mengendalikan impian anak-anak. Bedanya adalah target. Anak-anak Sky Castle harus jadi dokter dan masuk Universitas Nasional Seoul, sedangkan anak-anak The Penthouse harus jadi penyanyi tempaan sekolah Cheong Ah. Demi meraihnya, mereka rela melakukan hal kotor.

Teka-teki pembunuhannya mirip dengan Class of Lies. Keduanya sama-sama suspensif. Kemudian, skandal yang berkelindan di antara para karakter rasanya seperti A World of Married Couple. Semua formula ini jadi tumpuan untuk menciptakan ketegangan dalam drama.

Reuni penulis dan sutradara The Last Empress

Di balik keseruan drama Korea The Penthouse, ada kolaborasi apik sekaligus reuni dari penulis dan sutradara, Kim Sun ok dan Joo Dong min. Keduanya sempat berkolaborasi dalam The Last Empress (2018).

Sun-ok dan Dong-min menggarap The Last Empress dan The Penthouse dengan cara yang sama. Membuat penonton betah untuk duduk lama. 

The Last Empress menjadi salah satu drama Korea terlaris 2019, karena ratingnya mencapai 18 persen di Korea Selatan. Tak menutup kemungkinan jika The Penthouse akan mengikuti jejaknya dan menjadi salah satu drama terlaris pada 2020.

The Penthouse yang multi isu

Hak Istimewa dan perundungan di Sekolah

Setiap karakter orang tua di Hera Palace punya anak yang bersekolah di sekolah musik Cheon Ah. Keluarga mereka adalah donatur. Tidak heran jika ada banyak intrik. Para keluarga akan berusaha menyingkirkan siapa pun yang menghalangi anak mereka mencapai puncak.

Anak-anak Hera Palace dilindungi hak istimewa. Mereka jadi berani merundung siswa lain. Kekuasaan keluarga membuat mereka selalu lolos dari masalah.

Baca juga: Apakah Peninsula (2020) Semenarik Train to Busan (2016)?

Nuansa yang depresif

Cheon Seo jin dan Ha Yoon cheol adalah orang tua Ha Eun byeol. Anak ini sangat patuh terhadap ibunya. Dia benci bernyanyi tapi tetap masuk ke Cheong Ah.

Karena tertekan, Ha Eun Byeol mecoba bunuh diri dengan pil tidur. Nilai ujian yang hancur, perceraian orangtua, hingga perselingkuhan sang ibu membuatnya ingin mengakhiri hidup.

Sang ayah menyadari keadaan anaknya. Karena itu, dia ingin merawatnya. Namun sang ibu tidak mengizinkan. Dia menegaskan anaknya baik baik saja dan harus tetap belajar untuk mengejar peringkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here