Us and Them (2018), Cinta, Impian, & Tuntutan Dunia Orang Dewasa

0
125
Us and Them,
Gambar: Netflix (Youtube)
  • Peringatan. Tulisan ini mengandung spoiler. Tidak disarankan untuk Anda yang belum menontonnya.

Industri film Tiongkok memang tidak bisa diremehkan dalam urusan romansa yang mengharu biru. Selain You are The Apple of My Eye yang penuh sesak, ada satu lagi kreasi mereka yang menguras air mata. Us and Them. Film ini sekaligus jadi debut bagi sutradaranya, Rene Liu.

Plot

Us and Them bercerita tentang sepasang muda-mudi, Xiaoxiao (Zhou Dongyu) dan Lin Jiangqin (Jing Boran). Keduanya bertemu di kereta saat meninggalkan Beijing untuk mudik tahun baru imlek di kampung halaman. Di Cina sendiri, tradisi mudik imlek serupa euforia mudik lebaran di Indonesia.

Sehabis bertemu, keduanya mulai akrab. Jiangqin mengajak Xiaoxiao menghabiskan malam tahun baru di rumahnya. Mereka menjalin persahabatan erat seiring waktu berjalan.

Seperti banyak anak muda, tokoh utama kita punya semangat dan mimpi. Impian Jinqiang adalah jadi milyarder dari usaha game, sedangkan Xiaoxiao mencintai Beijing dan segala hal tentang pemasaran. Perempuan itu ingin punya rumah yang bagus dan menikahi pria kaya.   

Baca juga: Alice in Borderland (2020) dan Semua Hal Tentang Bertahan Hidup

Ketika rekan-rekannya pulang satu persatu karena tak sanggup lagi tinggal di Beijing, Jianqing tetap tinggal dan melakukan pekerjaan apapun untuk bertahan hidup. Di masa sulit inilah Xiaoxiao tetap menyemangati dan berada di sisinya.

Persahabatan mereka berubah jadi hubungan romantis setelah Jinqiang menyatakan perasaannya kepada Xiaoxiao. Film ini mengajak penonton bernostalgia dengan mimpi-mimpi mereka. Sulitnya mengusahakan mimpi itu di tengah tuntutan dunia orang dewasa. Tagihan cicilan, urusan perut, dan ekpektasi orang tua.

Sementara itu Jianqin & Xiaoxiao harus tinggal di kamar kos kecil nan kotor, makan mi instan, dan naik bus untuk mengurangi pengeluaran. Mereka terus berjuang, tetapi situasi semakin sulit. Apakah kisah mereka akan terus berlanjut?

Tonton trailernya sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here